kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Verifikasi Lapangan APE, Bupati Sukandar : Tebo Akomodir Semua Gender

Kamis, 29 April 2021 Dinas Komunikasi dan Informatika
Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom. M. Si. menegaskan mengakomodir semua gender untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan di Kabupaten Tebo, Kamis (25/03/2021).
 
"Kami mengakomodir gender (perempuan) untuk terlibat aktif dalam mencapai visi misi kami selama 2017- 2022. Jadi kami berikan peran dan tanggung jawab yang sama." ujar beliau saat menghadiri Verifikasi Lapangan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kabupaten Tebo Tahun 2021 secara online.
 
Kemudian Bupati Sukandar mengungkapkan hal tersebut juga dapat terlihat dalam proses pengambilan kebijakan serta RPJMD. Perempuan terlibat dalam setiap penyusunan strategi dan program dalam proses pembangunan di Kabupaten Tebo.
 
"Proses tersebut didasari dengan pengakomodiran emansipasi wanita di Tebo. Maka dalam peran dan fungsi tertentu para perempuan menduduki pos seperti ada Lurah Perempuan, beberapa Eselon II Perempuan, dan Eselon III juga banyak sesuai kapasitas dan tanggung jawabnya." ungkap Bupati.
 
Lebih lanjut dikatakan Bupati Sukandar pelaksanaan Musrenbang yang dimulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten pun diselenggarakan dengan mengikutsertakan lapisan perempuan seperti BPD Perempuan dan organisasi seperti TP PKK, GOW, Persit dan organisasi lainnya.
 
Sebagai informasi, APE merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementrian/ lembaga dan Pemda dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PuG).
 
PuG sendiri adalah strategi pembangunan dalam mencapai keadilan dan kesetaraan sesuai Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang PuG dalam pembangunan Nasional.
 
Tindak lanjut dari hal tersebut Pemerintah Kabupaten Tebo melakukan strategi dengan peningkatan partisipasi perempuan dengan arah kebijakan meningkatkan pemberdayaan dan pendidikan perempuan melalui perencanaan dan penganggaran responsif gender.
 
Verifikasi lapangan dilaksanakan dengan didahului pemaparan mengenai kondisi Indeks Pembangunan Manusia, Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender oleh Kepala Bappeda dan Litbang Hendri Nora ST sekaligus Ketua Pokja PuG.
 
Verifikasi dikepalai oleh Ir. Siti Khodijah Nasution MM. sebagai Tim Verifikator Independen dan dibuka oleh David Arya Bhima SE sebagai Analis Kebijakan Madya, Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemenpppa RI.
 
Ikut mendampingi Bupati Sukandar, Wakil Ketua II DPRD Tebo, Aivandri AB dan Sekretaris Daerah Drs. Teguh Arhadi MM, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekda, Tim Driver PuG terdiri dari Kepala Bappeda dan Litbang, Bakeuda, Inspektur, dan Kadinsos P2PA, Kepala OPD, Ketua LAM, Ketua GOW, Kasubbag Perencanaan OPD dan Kecamatan, Lurah Wirotho Agung dan Kades Wanareja, Perwakilan Perguruan Tinggi, Dunia Usaha Tebo Indah, Gender Champion, Puspa dan undangan lainnya.