kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Rapat Paripurna DPRD Kab. Tebo, Memperingati HUT Kabupaten Tebo ke-20 Tahun 2019

Senin, 14 Oktober 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika

Tebo - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tebo ke-20 Tahun 2019, bertempat di Ruang Sidang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tebo, dihadiri Gubernur Jambi diwakili Asisten II Sekda Provinsi Jambi, Ir. Agus Sunaryo, M.Si., Sabtu (12/10).

Agus Rubiyanto, SE., ME., Ketua DPRD Kabupaten Tebo tepat pukul 11.00 WIB membuka secara resmi Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tebo dalam rangka HUT Kabupaten Tebo ke-20. Dalam pidatonya ia menekankan agar masyarakat terus menjaga Kabupaten Tebo untuk tetap dalam kondisi kondusif agar pembangunan di Kabupaten Tebo dapat berjalan dengan lancar dan akselerasi pembangunan untuk kesejahteraan rakyat dapat segera dirasakan.

Gubernur Jambi, diwakli Asisten II Provinsi Jambi, mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Tebo ke-20, semoga Pemkab Tebo mampu mewujudkan cita-cita masyarakat di Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung yaitu Tebo Tertib, Unggul, Tenteram, Adil dan Sejahtera 2022.

Lebih lanjut, Pemprov Jambi akan terus berupaya bersinergi dan mengintegrasikan program yang ada, demi tercapainya pembangunan yang berkelanjutan. Sehingga, melalui momentum ini mampu menguatkan komitmen untuk bekerja keras dan bekerja cerdas dalam mewujudkan Visi Misi Kabupaten Tebo.

Sementara itu, Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom, M.Si., dalam sambutannya mengatakan akan terus berupaya dan berkomitmen membangun hubungan baik dan membuka peluang seluas-luasnya bagi investor yang mau berinvestasi di Kabupaten Tebo sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesempatan bekerja bagi masyarakat Kabupaten Tebo.

Selanjutnya, bahwa berdasarkan data BPS angka kemiskinan di Kabupaten Tebo mengalami penurunan menjadi 6,58 persen dari tahun sebelumnya. Melalui kebijakan dan program yang saling bersinergi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten mendorong sektor produksi untuk peningkatan pendapatan masyarakat.

Lebih lanjut, Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sampai dengan tahun ini telah terealisasi di 58 Desa dengan penerima manfaat sebanyak 12.366 KK. Berikutnya, Kabupaten Tebo tahun ini mendapatkan bedah rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan jumlah terbanyak di Provinsi Jambi yaitu 1.060 unit rumah.

"Empat kali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan pemerintah Kabupaten Tebo oleh BPK RI, Nilai SAKIP Kabupaten Tebo naik peringkat menjadi B, Penghargaan Swasti Saba Padapa untuk Kabupaten/Kota Sehat, Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham RI dan Kabupaten/Kota Layak Anak dicapai melalui peningkatan kapasitas aparatur, penegakan disiplin, evaluasi kinerja serta pengelolaan pemerintahan dan keuangan yang baik."Ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan proses pembangunan di Kabupaten Tebo merupakan proses berkelanjutan dan saling terkait. Dalam mempercepat mewujudkan cita-cita masyarakat Kabupaten Tebo perlu adanya kerja sama yang baik dan menjaga kebersamaan serta saling mendukung demi terwujudnya Tebo Tuntas 2022.

Sementara itu, Tarian Nek Pung mengawali Rapat Paripurna dalam Rangka HUT Kabupaten Tebo ke-20. Tarian ini merupakan tarian tradisi diiringi nyanyian mengandung nilai dan makna ajaran kehidupan melihat persoalan tanpa berlarut-larut dari Desa Sungai Keruh Kabupaten Tebo. Tarian Nek Pung juga telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Kemendikbud RI beberapa hari yang lalu pada Pekan Kebudayaan Nasional 2019.

Sebelumnya, Tarian Nek Pung mengawali Rapat Paripurna dalam Rangka HUT Kabupaten Tebo ke-20. Tarian ini merupakan tarian tradisi diiringi nyanyian mengandung nilai dan makna ajaran kehidupan melihat persoalan tanpa berlarut-larut dari Desa Sungai Keruh Kabupaten Tebo. Tarian Nek Pung juga telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Kemendikbud RI beberapa hari yang lalu pada Pekan Kebudayaan Nasional 2019.

Turut hadir pada Rapat Paripurna dalam rangka hari jadi Kabupaten Tebo ke-20, anggota DPR-RI Dapil Prov Jambi Hj. Saniatul Lativa, SE., MM., dan Drs. H. Zulfikar Achmad, anggota DPD-RI Dapil Prov Jambi Dra. Elviana, M.Si., dan Ria Mayang Sari, SH., MH., Ketua DPRD Prov Jambi diwakili anggota DPRD Prov Jambi Dapil Bungo Tebo Wartono Triyan Kusumo, SH., Kapolda Jambi, Kepala Bidang Pembinaan Olahraga massal dan kesehatan olahraga Kemenpora RI, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Kepala BIN Daerah Prov Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Prov Jambi, BPK RI Prov Jambi.

Selanjutnya hadir Wakil Bupati Tebo, Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD Kab Tebo, Bupati/Wali Kota se-Prov Jambi, Bupati/Wali Kota Prov Tetangga, Ketua DPRD Kab/Kota se-Prov Jambi dan Prov Tetangga, Sekretaris DPRD Prov Jambi, unsur Forkopimda Kab Tebo, Ketua Pengadilan Agama Kab Tebo, Kalapas Muara Tebo, Kepala OPD Prov Jambi, Pimpinan Parpol se-Kab Tebo.

Dilanjutkan Sekretaris Daerah Kab Tebo, Sekretaris DPRD Kab/Kota se-Prov Jambi dan Prov Tetangga, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD, Instansi Vertikal, Pimpinan BUMD, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Perusahaan serta Kabag Setda Kab Tebo, Ketua KPU Kab Tebo, Ketua Bawaslu Kab Tebo, Ketua MUI dan Lembaga Adat Kab Tebo, Organisasi Wanita dalam Kab Tebo, para Camat, Lurah, Kepala Desa dan Kepala Sekolah, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta rekan Pers dan LSM serta Bapak/Ibu tamu undangan yang hadir.

 

Sumber : Humas Setda Kab. Tebo