kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Peringatan Hari LH Sedunia, Tebo Jadi Tuan Rumah

Sabtu, 13 Juli 2024 Dinas Komunikasi dan Informatika

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jambi dipusatkan di Kabupaten Tebo.

Peringatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris, Bupati/ Walikota dan perwakilan Se Provinsi Jambi, Pejabat Eselon II Pemprov Jambi dan Pemkab Tebo, serta instansi vertikal provinsi dan kabupaten.

Pj. Bupati Tebo Varial Adhi Putra menyampaikan bahwa inisiasi kegiatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan semua lapisan masyarakat akan pentingnya kesadaran menjaga dan melestarikan lingkungan dan alam untuk generasi yang akan datang.

"Berdasarkan program lingkungan hidup yang telah ditetapkan oleh PBB bahwa kita semua perlu menjaga lingkungan dengan difokuskan pada pemulihan lahan, pengendalian disertifikasi dan ketahanan terhadap kekeringan." terang Varial.

Sementara Gubernur Al Haris berharap dengan momentum peringatan ini semua lapisan baik itu pemerintah, masyarakat dan organisasi lainnya dapat bersama menjaga lingkungan agar tidak terjadi ketidakstabilan iklim.

"Kita semua berharap dengan adanya peringatan ini kita semua berkomitmen untuk menjaga agar lingkungan kita tidak terjadi pemanasan global atau beban iklim ataupun cuaca yang tidak baik" ujar Gubernur.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk menekan angka kebakaran hutan di daerah masing-masing. Karhutla dinilai menjadi permasalahan lingkungan yang sering terulang setiap tahunnya.

Rangkaian peringatan diisi dengan peresmian desa bebas api, kemudian pelepasan benih ikan dan penanaman bibit pohon sebagai bentuk aksi pemulihan lahan dan pengendalian disertifikasi.