kominfo.kab.tebo@gmail.com +62 8515 851 1919

Rehabilitasi Hutan, Bupati Sukandar Tanam Pohon Bersama Danrem 042/ Gapu

Jum'at, 06 Maret 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika

Bupati Tebo, H. Sukandar, S. Kom., M.Si., bersama Komandan Korem 042/ Garuda Putih, Kolonel Arh Elphis Rudy, melaksanakan penanaman pohon sebagai wujud rehabilitasi hutan dan upaya restorasi ekosistem di lokasi pemulihan kawasan PT. Alam Bukit Tigapuluh di Desa Pemayung Kecamatan Sumay, Jum'at (28/02/2020).

Bupati Sukandar menyampaikan apresiasinya untuk kegiatan tersebut. Beliau mengatakan ini adalah upaya yang luar biasa dalam rangka memulihkan kondisi alam yang tadinya menjadi harapan semua pihak tidak hanya masyarakat Tebo, akan tetapi Provinsi Jambi pada umumnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sukandar juga menegaskan bahwa dirinya akan menginstruksikan dan berkoordinasi dengan dinas dinas terkait untuk menyukseskan program tersebut. Beliau siap mendukung pemulihan kawasan yang nantinya akan berdampak pada keseimbangan alam di Kabupaten Tebo.

" Kami akan dukung, nanti akan dikoordinasikan dan instruksikan kepada dinas dinas terkait apabila ada penambahan pada jumlah dan jenis pohon yang akan ditanam. Berdasarkan informasi yang diberikan pihak PT. ABT, ada beberapa satwa yang keluar dari kawasan dikarenakan kondisi lahan, kami akan coba sediakan tanaman yang menjadi makanan utama satwa tersebut untuk memancing satwa tersebut kembali" tuturnya.



Dandem Elphis Rudy menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk melakukan rehabilitasi hutan. Dengan program penanaman pohon yang berjumlah seratus ribu di lokasi pemulihan kawasan tersebut akan mampu mengembalikan keseimbangan ekosistem yang ada di kawasan bukit tigapuluh.

"Harapannya dengan penanaman pohon sebanyak seratus ribu ini mampu merehabilitas bekas lahan yang terbakar dalam beberapa tahun terakhir. Pada pelaksanaannya nanti kita akan turunkan satu SSK yang terdiri dari gabungan TNI-POLRI, Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo, dan Pihak PT. ABT" jelasnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa selain rehabilitasi hutan program juga ditujukan untuk restorasi ekosistem. Upaya tersebut merupakan siklus dari satuan tugas karhutla Provinsi Jambi untuk mengembalikan keutuhan hutan secara menyeluruh yang juga melibatkan proaktif dari berbagai pihak.



Kegiatan penanaman pohon tersebut turut dihadiri Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042/ Gapu, Dandim 0416/ BUTE beserta istri, Kapolres Tebo, Kasiter Rem 042/ Gapu, Dantim Intelrem 042/ Gapu, Penrem 042/ Gapu, Unit Inteldem 0416/ BUTE, Danramil Pulau Temiang dan Muara Tebo beserta istri, Jajaran Polres Tebo, Camat Sumay, Pimpinan PT. ABT, serta KPHP Tebo.
.
.
Diskominfo Kabupaten Tebo
Foto : Bombom